Sunday 24 March 2013

Apakah orang yang suka berbuat kebajikan adalah orang baik?


Ada orang yang bertanya kepada Master Cheng Yen:

Saya telah berbuat banyak kebajikan, mestinya sudah termasuk sebagai orang baik, namun mengapa saya kurang berjodoh dan tidak disukai orang?

Master menjawab:


Seseorang bukan hanya dengan berbuat kebajikan saja sudah merupakan orang baik. Sang Buddha mengatakan bahwa dalam sepuluh bala tentara setan (Mara) ada satu yang bernama “Setan akar kebajikan”, orang seperti ini memang berbuat kebajikan, namun suka memamerkan perbuatan baiknya, seakan takut orang lain tidak tahu kalau dirinya telah berbuat hal baik. Sebaliknya ada orang yang walau secara diam-diam ada berbuat kebajikan, namun selalu merasa dirinya telah berbuat lebih banyak dibandingkan orang lain.

Yang tepat adalah:

Jika dapat kita lakukan, lakukanlah secara sukacita dengan segenap hati dan segenap tenaga, menganggap itu memang harus dilakukan, tidak takut orang tahu, juga tidak takut orang tidak tahu, tetap menjaga perasaan hati penuh suka cita, jangan peduli “sudah seberapa banyak yang dilakukan”, dengan demikian tentu akan dapat menjalin jodoh baik dan disukai banyak orang.